Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Klip Musik Akapela Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 4 Aceh Tengah

Husna Baqia, 160208078 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Klip Musik Akapela Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 4 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Klip Musik Akapela Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 4  Aceh Tengah] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Klip Musik Akapela Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 4 Aceh Tengah)
Husna Baqia, 160208078, FTK, PKM, 082304419930.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video berbasis klip musik akapela pada materi struktur atom di SMA negeri 4 Aceh Tengah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penyediaan media pembelajaran dan belum tersedia media pembelajaran berbasis klip musik akapela. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran video berbasis klip musik akapela, sehingga guru dan peserta didik dapat menggunakannya dalam proses belajar mengajar, dengan dukungan fasilitas internet yang memadai. Pengajar dapat menggunakan media pembelajaran dalam jarak dekat maupun pada jarak jauh dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran video berbasis klip musik akapela di SMA negeri 4 Aceh Tengah pada materi struktur atom. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan oleh ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Analisis data validasi dan respon menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ditinjau dari hasil rata-rata keseluruhan validasi media pengembangan video berbasis klip musik akapela yaitu 90% dengan kriteria sangat layak. Hasil respon peserta didik 58,67% sangat setuju (SS), 35,55% setuju (S), 5,78% kurang setuju (KS), 0% tidak setuju (TS) dan 0% sangat tidak setuju (STS). Hasil respon siswa dari 3 tahun kebelakang menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh pada tahun ajaran 2018 sebesar 80%, nilai rata-rata yang diperoleh pada tahun 2019 sebesar 82%, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada tahun 2020 sebesar 84%. Respon positif peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran video berbasis klip musik akapela adalah 94,22% dengan kategori sangat baik (SB) digunakan di SMA Negari 4 Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Husna Baqtiya
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:12
Last Modified: 27 Jul 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22099

Actions (login required)

View Item
View Item