Integrasi Agama dan Budaya dalam Pendidikan di NAD [Menyikapi UU No. 11 Tahun 2006]

Hasballah M. Saad, - and Warul Walidin Ak,, - and Moch. Fajarul Falah, - and Saifullah Idris, 2006047203 and Nazaruddin, - (2007) Integrasi Agama dan Budaya dalam Pendidikan di NAD [Menyikapi UU No. 11 Tahun 2006]. -, - (-). pp. 1-79. ISSN -

[img]
Preview
Text
hasil penelitian integrasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nanggroe Aceh Darussalam merupakan provinsi yang mendapatkan keistimewaan dalam melaksanakan Syari’at Islam secara kaffah di semua aspek kehidupan masyarakat dan mempertahankan budaya Aceh etap hidup lestari. Undang-undang No.11 tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh menjadi titik tolak proses integrasi nilai-nilai agama dan budaya Aceh dalam kurikulum pendidikan di Aceh.Integrasi nilai-nilai agama dan budaya Aceh dalam semua mata pelajaran sangat diharapkan agar amanat Undang-undang Pemerintahan Aceh dapat terwujud. Meskipun pada mata pelajaran tertentu nilai
-nilai tersebut sudah terakomodasi, seperti bahasa Arab dan bahasa Aceh. Akan tetapi mata pelajaran lainnya belum tersentuh. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian dengan pendekatan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity,dan Threat) atau(kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan) sehingga pemerintah Aceh dan dinas terkait dapat memetakan masalah
dan memprioritaskan kebijakan guna terwujudnya integrasi tersebut dengan cepat. Dari hasil penelitian di 5 wilayah, seperti; Banda Aceh, Aceh Utara, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya dan Aceh Tamiang, diperoleh kesimpulan bahwa secara umum nilai-nilai agama dan budaya Aceh belum terakomodir dalam mata pelajaran baik ilmu-ilmu sosial, eksakta, sebagian bahasa, dan sebagian seni/budaya Hal tersebut disebabkan karena ada beberapa faktor yang didefinisikan sebagai faktor kelemahan dan tantangan, meliputi; a). Belum adanya materi pelajaran
yang mengakomodir nilai-nilai agama dan budaya Aceh secara menyeluruh,b). Lemahnya kompetensi guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai agama dan budaya Aceh dalam mata pelajaran yang dimaksud, c). Minimnya jumlah guru yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai agama dan budaya Aceh dalam mata pelajaran tersebut, d). Kurangnya media pengajaran yang mendukung proses integrasi nilai-nilai tersebut dalam mata pelajaran, e)pemahaman agama budaya sebagian masyarakat masih sebatas ritual dan pada tataran nuansa. Adapun faktor peluang dan kekuatan yang dimiliki oleh pemerintahan Aceh dan masyarakat Aceh pada umumnya dapat dijadikan starting point dalam usaha mewujudkan nilai-
nilai agama dan budaya Aceh dalam pendidikan. Diantara peluang dan kekuatan yang ada antara lain; a). Undang-undang Pemerintahan Aceh yang membuka kesempatan selebar-lebarnya guna menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kurikulum pendidikan, b).Adanya dukungan masyarakat Aceh akan pentingnya perwujudan integrasi nilai-nilai tersebut sangat besar. Beranjak dari faktor-faktor tersebut di atas, maka tim peneliti merekomendasikan pada pemerintahan Aceh dan dinas terkait, baik Dinas Pendidikan dan Departemen Agama agar; a)merevisi kurikulum dengan mengadopsi semangat integrasi nilai-nilai agama dan budaya Aceh di dalamnya, b). Menganggarkan program v penguatan tenaga pengajar/guru baik secara kualitas maupun kuantitas, agar dapat mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam setiap mata pelajaran, baik berupa pelatihan, tugas elajar dan lain sebagainya, c) membentuk tim independent yang
terdiri dari para pakar pendidikan baik dari pesantren, perguruan tinggi dan para seniman, serta dari dinas pendidikan, departement agama dan pemerintahan Aceh
untuk merumuskan materi yang sesuai dengan program penerapan nilai-nilai tersebut dalam mata pelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Agama, Budaya, Pendidikan
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saifullah Idris
Date Deposited: 15 Jan 2018 10:00
Last Modified: 16 Jan 2018 04:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item
TOP