Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 31 Aceh Timur

Juliana, 180209057 (2022) Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas V MIN 31 Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Tematik] Text (Pembelajaran Tematik)
Juliana, 180209057, FTK, PGMI, 082165345407.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di MIN 31 Aceh Timur ditemukan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini tampak dari nilai rata-rata hasil ujian semester kelas V yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis aktivitas guru melalui penerapan pendekatan saitifik berbantuan multimedia. (2) Untuk menganalisis aktivitas siswa melalui penerapan pendekatan saitifik berbantuan multimedia. (3) Untuk menganalisis hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik berbantuan multimedia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 25 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan soal post tes. Dari penelitian ini memperoleh hasil; (1) Aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai 73,43% masuk ke dalam kategori baik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 97,36% dengan kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh nilai 60,93% masuk ke dalam kategori cukup, kemudian siklus II meningkat menjadi 96,05% (baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I hanya memperoleh nilai 36% (kurang), dan pada siklus II meningkat menjadi 88% (baik sekali). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V MIN 31 Aceh Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Juliana Juli
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:02
Last Modified: 29 Jul 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22143

Actions (login required)

View Item
View Item