Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pencapaian Visi Misi di SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe

Fajar Rizki, 170206015 (2021) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Pencapaian Visi Misi di SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Manajemen Berbasis Sekolah] Text (Manajemen Berbasis Sekolah)
Fajar Rizki, 170206015, FTK, MPI, 085359104202.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam pencapaian visi misi adalah pengorganisasian dan penyerasian sumber daya yang dilakukan secara mandiri dan leluasa yang dipimpin oleh kepala sekolah melalui sejumlah input manajemen untuk membuat kebijakan dalam rangka mencapai visi misi dan tujuan sekolah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional, dengan melibatkan semua kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah (masyarakat) secara langsung dalam proses pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi perencanaan, pelaksanaan, serta hambatan dalam implementasi manajemen berbasis sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Waka Kurikulum, Kepala Tata Usaha dan Guru SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SDN 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe sebagai berikut: a)Membuat kebijakan-kebijakan program manajemen berbasis sekolah. b)Menjaga kualitas layanan terhadap masyarakat dengan menerima kritik dan saran dari mayarakat/wali siswa dan Menjaga hubungan baik sekolah dengan masyarakat. c)Memberlakukan sistem reward and punishment. d)Memperhatikan kebutuhan siswa. e)Mengawasi pelaksanaan seluruh program kegiatan-kegiatan sekolah. f)Melakukan perbaikan terus menerus. 2) Pada setiap sekolah yang menerapkan manajemen berbasis sekolah tentu tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nya. Faktor pendukung yaitu, adanya dukungan dari para guru dan staf dan peran serta masyarakat yang aktif seperti warga sekolah selalu membantu sekolah untuk melaksanakan beberapa program kegiatan sehingga menghasilkan siswa yang berprestasi diberbagai kejuaraan. Sedangkan faktor penghambatnya ialah adanya Covid-19 terdapat sebagian kegiatan terhambat dan belum diadakan pelatihan manajemen berbasis sekolah pada tahun ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fajar Rizki Fajar
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:50
Last Modified: 29 Jul 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22147

Actions (login required)

View Item
View Item