Dampak Pernikahan pada Masa Studi terhadap Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Rina Pratiwi, 170201203 (2022) Dampak Pernikahan pada Masa Studi terhadap Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Dampak Pernikahan pada Masa Studi terhadap Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry] Text (Dampak Pernikahan pada Masa Studi terhadap Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)
Rina Pratiwi, 170201203, FTK,PAI, 082272802239.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Menikah muda di kalangan mahasiswa menjadi fenomena yang menarik perhatian untuk didalami baik dilihat dari segi akademik, psikologi dan finansial. Hal ini, tidak sedikit menuai permasalahan yang dapat berdampak positif maupun negatif terhadap perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pernikahan mahasiswa PAI yang berdampak kepada kegiatan perkuliahan baik dampak positif maupun negatif serta upaya yang dilakukan oleh mahasiswa PAI yang telah menikah untuk menghadapi dampak negatif pernikahan di masa studi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian lima orang mahasiswa PAI angkatan 2016-2017 yang sudah menikah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Interview (wawancara). Adapun hasil penelitian ini mengenai dampak positif dari pernikahan pada masa studi yaitu, dari segi akademik mereka lebih terbantu dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan dan mahasiswa terbantu dalam hal transportasi. Dari segi psikologi mereka lebih bersemangat, semakin terpacu menyelesaikan perkuliahan dan merasa lebih nyaman menjalani perkuliahan. Selain itu, mereka tidak merasa tertekan, tidak merasa sulit berkonsentrasi, tidak mempengaruhi tingkat keaktifan dan indeks prestasi yang mereka dapatkan di perkuliahan. Dari segi finansial, mereka terbantu dengan adanya peran suami saat membantu membiayai SPP. Dampak negatif dari pernikahan pada masa studi yaitu, mereka memerlukan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan perkuliahan, disebabkan karena mengambil cuti saat melahirkan.Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa PAI yang telah menikah untuk menghadapi dampak negatif pernikahan di masa studi yaitu, dari segi akademik mereka berusaha mengatur waktu sebaik mungkin antara perkuliahan dan rumah tangga. Dari segi psikologi, lebih mencoba pada menumbuhkan rasa percaya diri, memotifasi diri untuk terus bersemangat menjalani perkuliahan. Selain itu juga membangun komunikasi yang baik dengan pasangan dan berusaha patuh serta taat pada perkataan baik pasangan dalam usaha menjaga keharmonisan rumah tangga. Dari segi finansial terlihat upaya yang dilakukan mahasiswa yang telah menikah tidak ada.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rina Pratiwi
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:02
Last Modified: 29 Jul 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22157

Actions (login required)

View Item
View Item