Penggunaan Prezi Pada Pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen Di Safinatussalamah Aceh Singkil)

Khairul Lisani, 170202117 (2022) Penggunaan Prezi Pada Pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen Di Safinatussalamah Aceh Singkil). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Prezi Pada Pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi  untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen Di Safinatussalamah Aceh Singkil)] Text (Penggunaan Prezi Pada Pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Penelitian Eksperimen Di Safinatussalamah Aceh Singkil))
Khairul Lisani 170202117 FTK PBA 082272070008.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada mata pelajaran qawaid nahwu pada MTsS di pesantren Safinatussalamah, peneliti mendapatkan keluhan dari peserta didik bahwasanya pelajaran qawaid adalah mata pelajaran yang sulit dalam menguasai dan memahaminya, sehingga mereka malas dan bosan dalam belajar. peneliti juga mengamati bahwa mayoritas pengajar di sekolah tersebut belum menggunakan media yang sesuai dalam pembelajaran Qawa’id khususnya dalam pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi. Usaha peneliti untuk mengatasi masalah ini yaitu mengajarkan mereka dengan menggunakan media prezi. Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan prezi pada pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman membaca. populasi yang diambil oleh peneliti adalah seluruh siswa di Pesantren Safinatussalamah di Aceh Singkil yang berjumlah 371 siswa, peneliti mengambil sampel pada 2 kelas yaitu siswi kelas 2 A yang berjumlah 33 siswa dan siswa kelas 2 B yang berjumlah 24 siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan metode eksperimen, yaitu Quasi Experimental Designs Research dan disebut "The non equivalen Pre-Test Post-Test Designs" dan alat pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data, peneliti melakukan Pretest Post-test. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat diperoleh hasil bahwa penggunaan media Prezi efektif dalam pembelajaran At-tarkib Washfi wal Idhofi. Hasil posttest pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada hasil post-test pada kelompok control, dengan hasil kelompok eksperimen = 83,9, kelompok control = 60,09.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Khairul Lisani
Date Deposited: 29 Jul 2022 03:09
Last Modified: 29 Jul 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22159

Actions (login required)

View Item
View Item