Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penyalahgunaan Izin Tinggal di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Banda Aceh

Muhammad Ahda Zaki, 170106022 (2022) Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penyalahgunaan Izin Tinggal di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penyalahgunaan Izin Tinggal di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Banda Aceh] Text (Tinjauan Yuridis Terhadap Tindak Pidana Penyalahgunaan Izin Tinggal di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi Banda Aceh)
Muhammad Ahda Zaki, 170106022, FSH, IH, 085360102838.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penyalahgunaan terhadap izin keimigrasian yang dilakukan oleh orang asing yang berada di Indonesia merupakan saah satu dari Tindak Pidana Keimigrasian, hal ini di atur dalam Pasal 122 huruf a Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian yang menentukan bahwa setiap Warga Negara Asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan pidana denda paling banyak Rp. 500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Dalam kenyatannya bahwa di kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh masih terjadi peyalahgunaan terhadap izin tinggal yang dilakukan oleh Warga Negara Asing tidak diselesaikan secara Pro-Justisia. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan penegakan hukum terhadap pelaku tindak pidana penyalahgunaan izin tinggal di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh serta bagaimana upaya pencegahan terhadap tindak pidana penyalahgunaan izin tinggal di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis-empiris. dalam menyelesaikan kasus tindak pidana penyalahgunaan izin tinggal oleh orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh dilakukan dengan dua cara, yaitu mengunakan Tindakan Administratif Keimigrasian (di luar dari sistem peradilan pidana) dan menggunakan Tindakan Projustisia (melalui proses peradilan) yang termasuk ke dalam Sistem Peradilan Pidana (Criminal Justice System). Upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana penyalahgunaan izin tinggal adalah dengan melakukan pengawasan operasional, pengawasan administratif dan pembentukan TIMPORA serta memberikan sosialisasi terhadap orang asing yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Muhammad Ahda Zaki Zaki
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:18
Last Modified: 01 Aug 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22162

Actions (login required)

View Item
View Item