Peer Review artikel Keunikan al-Qur'an al-Karim dan Terjemahan Bebas Bersajak dalam Bahasa Aceh

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Peer Review artikel Keunikan al-Qur'an al-Karim dan Terjemahan Bebas Bersajak dalam Bahasa Aceh. Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, Banda Aceh.

[thumbnail of peer review artikel Keunikan al-Qur'an al-Karim dan Terjemahan Bebas Bersajak dalam Bahasa Aceh] Text (peer review artikel Keunikan al-Qur'an al-Karim dan Terjemahan Bebas Bersajak dalam Bahasa Aceh)
peer review-keunikan alquran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (522kB)

Abstract

Pada umumnya penerjemahan Alquran dilakukan dalam bahasa nasional sehingga dapat dipahami khalayak ramai, namun salah seorang ulama Aceh Tgk. H. Mahjiddin Jusuf dalam karyanya Alquran al-Karim dan Terjemahan Bebas Bersajak dalam Bahasa Aceh menerjemahkan Alquran dalam bahasa Aceh dan dalam bentuk nazam. Berdasarkan fenomena ini, maka perlu dilakukan kajian untuk melihat keunikan dan karakteristiknya, kelebihan dan kekurangan karya tersebut. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan sumber datanya Alquran dan Terjemahan Bebas Bersajak dalam Bahasa Aceh yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penafsiran yang dilakukan Mahjiddin Jusuf bercorak lughawi (bahasa), karena menerjemahkan Alquran dengan mengungkapkan kata-kata secara puitis. Dari segi metode, karya tersebut termasuk dalam metode tafsir ijmali, karena menjelaskan makna Alquran secara global. Terjemahan Alquran tersebut juga berkarakteristik kedaerahan dan sastra, karena mengungkapkan makna Alquran dengan bahasa daerah (Aceh) dengan bentuk sajak a-b-a-b dengan pendekatan kultur masyarakat Aceh.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:30
Last Modified: 04 Aug 2022 04:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22186

Actions (login required)

View Item
View Item