Pengaruh Penggunaan Model Hybrid learn ing Dengan Memanfaatkan Edmodo Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Darul Kamal

Eka Yusma Wati, 170211001 (2022) Pengaruh Penggunaan Model Hybrid learn ing Dengan Memanfaatkan Edmodo Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Model Hybrid learn ing Dengan Memanfaatkan Edmodo Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Darul Kamal] Text (Pengaruh Penggunaan Model Hybrid learn ing Dengan Memanfaatkan Edmodo Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Darul Kamal)
Eka Yusma Wati, 170211001, FTK, PTE, 082198576394.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kondisi saat ini tidak memungkinkan hanya mengedepankan pembelajaran tatap muka antara pengajar dan peserta didik. Dengan demikian perlu upaya dalam mempermudah proses pembelajaran dan siswa tidak ketinggalan materi. Salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran hybrid learning. Dari pendapat diatas, hybrid learning yaitu kombinasi pembelajaran secara tatap muka dengan pembelajaran e-learning atau pembelajaran online. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dan respon siswa terhadap model hybrid learning dengan memanfaatkan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Metode yang digunakan pada pada Penelitian ini adalah metode Penelitian terapan (applied research) dengan menggunakan desain The one group pretest posttest. Sampel pada Penelitian ini yaitu siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Darul Kamal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes dan angket. Analisa data dilakukan dengan melihat perbedaan nilai rata-rata siswa pada saat pretest dan posttest menggunakan uji hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model hybrid learning dengan memanfaatkan edmodo berpengaruh terhadapat hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sampel tes pada α = 0,05 diperoleh nilai sig. (2 tailed) 0,000 dengan kesimpulan Ha diterima. Hasil pengolahan data menunjuk bahwa tedapat perbedaan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal dengan memanfaatkan edmodo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest siswa yaitu 43,33 dan posttest yaitu 71,11. Sedangkan hasil respon siswa terhadap model hybrid learning dengan memanfaatkan edmodo yaitu sebesar 83%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Eka Yusma Wati
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:49
Last Modified: 01 Aug 2022 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22194

Actions (login required)

View Item
View Item