Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V MIN 40 Aceh Besar

Najla Desna Fhasya, 180209019 (2022) Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V MIN 40 Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Media Realia] Text (Media Realia)
Najla Desna Fhasya, 180209019, FTK, PGMI, 081263307308.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar disebabkan oleh sarana dalam penyampaian materi. Penggunaan media dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi sehingga berdampak pada hasil belajar, salah satunya adalah media Realia. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Realia terhadap hasil belajar dan respon peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media Realia pada materi perubahan sifat benda kelas V MIN 40 Aceh Besar. Rancangan penelitian yang digunakan Pre-Experimental Design jenis Intact Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan test dan angket, analisis data hasil belajar dilakukan dengan uji statistik berbantuan SPSS 20 (taraf signifikan 0,05) dan analisis respon menggunakan rumus persentase. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada kelompok kontrol 48,57 dan eksperimen 78,57 dapat dilihat pada hasil uji Independent Sample T-Test yang memperoleh nilai thitung < ttabel, sehingga analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media Realia terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perubahan sifat benda kelas V MIN 40 Aceh Besar dan analisis data respon peserta didik selama mengikuti pembelajaran menggunakan media Realia termasuk kategori sangat baik yaitu mencapai 91,14%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Najla Desna Fhasya Najla
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:57
Last Modified: 01 Aug 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22197

Actions (login required)

View Item
View Item