Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 4 Aceh Besar

Maisarah, 150209103 (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 4 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pop   Up Book  pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 4 Aceh Besar] Text (Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas V MIN 4 Aceh Besar)
Maisarah, 150209103, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Proses transformasi ilmu pengetahuan kepada peserta didik dalam pembelajaran terdapat beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan media penunjang. Media penunjang yang bervariasi akan menarik perhatian peserta didik. Proses pembelajaran menggunakan media masih jarang dilakukan pada lingkungan sekolah sehingga menyebabkan peserta didik merasa jenuh pada saat belajar dan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Guru sebagai tenaga pendidik selayaknya memikirkan media yang bervariasi untuk meningkatkan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu media yang menarik untuk digunakan dalam pembelajaran adalah media Pop Up Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui media Pop Up Book. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA MIN 4 Aceh Besar yaitu sebanyak 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi ini digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dan peserta didik dalam pembelajaran, data di analisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah aktivitas guru meningkat dari (69.5%) pada siklus I dan pada siklus II menjadi (96%). Untuk aktivitas peserta didik meningkat dari (66.3%) pada siklus I dan pada siklus II menjadi (87.5%). Serta hasil belajar peserta didik pada siklus I (25%) dan pada siklus II meningkat menjadi (87.5%). Dengan demikian peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maisarah Maisarah
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:09
Last Modified: 02 Aug 2022 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item
View Item