Taubat Bagi Pelaku Pembunuhan Sengaja dalam Pandangan Para Mufasir

Ali Abdurahman Simangunsong, Ali (2022) Taubat Bagi Pelaku Pembunuhan Sengaja dalam Pandangan Para Mufasir. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Skripsi Ali Abdurahman - Repository.pdf] Text
Skripsi Ali Abdurahman - Repository.pdf

Download (1MB)

Abstract

Taubat merupakan salah satu dari sekian banyak perintah agama yang harus dilakukan manusia. Di dalam Alquran terdapat banyak ayat yang memerintahkan untuk bertaubat. Di sisi lain, perbuatan membunuh dengan sengaja dianggap oleh sebagian mufasir sebagai perbuatan yang tidak ada taubat bagi pelakunya. Penelitian ini ingin melihat ayat-ayat apa saja di dalam Alquran yang terindikasi memiliki kaitan dengan taubat bagi pelaku pembunuhan sengaja dan penafsirannya dan bagaimana pandangan mufasir terkait taubat bagi pelaku pembunuhan sengaja. Jenis penelitian ini adalah perpustakaan (library research). Dalam melakukan penyajian data penulis menggunakan metode tematik (mauḍu’i). Adapun sumber mufasir yang penulis rujuk pendapatnya adalah Ibnu Katsīr, Hamka, M. Quraish Shihab, al-Qurthubi dan Wahbah al-Zuhaili. Dalam melakukan analisis terhadap data yang disajikan, penulis menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian ulama dari kalangan salāf berpendapat bahwa tidak diterima taubat dari orang yang telah melakukan pembunuhan dengan sengaja. Sementara itu, jumhur ulama dari salāf maupun khalāf memiliki pandangan bahwa orang yang telah melakukan perbuatan membunuh dengan sengaja masih memiliki kesempatan untuk bertaubat kepada Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an > 2X1.31 Ilmu Tafsir
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ali Abdurahman Simangunsong Ali
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:46
Last Modified: 03 Aug 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22220

Actions (login required)

View Item
View Item