Efektifitas Permainan “Treasure Hunt” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca

Ema Pratiwi, 180202002 (2022) Efektifitas Permainan “Treasure Hunt” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Permainan “Treasure Hunt” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca] Text (Efektifitas Permainan “Treasure Hunt” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Membaca)
Ema Pratiwi, 180202002, FTK, PBA, 085215075675.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pertama di MtsN 3 Aceh Besar bahwa siswa belum mampu menguasai bahasa Arab, khususnya dalam kemampuan membaca, mereka membaca teks bahasa Arab tetapi mereka tidak paham dengan teks tersebut sehingga mereka tidak dapat menjawab soal-soal latihan. Salah satu penyebab masalah ini adalah metode yang digunakan guru tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan merasa bosan. Oleh karena itu peneliti menerapkan “Treasure Hunt” untuk mengkatkan kemampuan membaca siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan permainan “Treasure Hunt” untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di MtsN 3 Aceh Besar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan permainan “Treasure Hunt” untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di MtsN 3 Aceh Besar. Adapun metode yang digunakan pada penelitian one grub pre-test post-test design. Adapun alat yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes dan angket. Adapun hasil penelitian dari penerapan permainan “Treasure Hunt” efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca karena (t“test”) lebih besar dari (t “table”) 2,78<4,8>2,06 dan respon siswa terhadap penerapan permainan “Treasure Hunt” efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca adalah positif 99% dan negatif 1%, hasil ini menunjukkan bahwa 99%>1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ema Pratiwi
Date Deposited: 02 Aug 2022 02:47
Last Modified: 02 Aug 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22233

Actions (login required)

View Item
View Item