Peran Orang Tua dalam Pengawasan Berbusana Muslimah Remaja Putri pada Gampong Alue Naga Kota Banda Aceh

Silfa Nisbah, 170201108 (2022) Peran Orang Tua dalam Pengawasan Berbusana Muslimah Remaja Putri pada Gampong Alue Naga Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Orang Tua dalam Pengawasan Berbusana Muslimah Remaja Putri pada Gampong Alue Naga Kota Banda Aceh] Text (Peran Orang Tua dalam Pengawasan Berbusana Muslimah Remaja Putri pada Gampong Alue Naga Kota Banda Aceh)
Silfa Nisbah, 170201108, FTK, PAI, 082278139544.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

Peran orang tua dalam pengawasan berbusana muslimah sangatlah penting karena dalam rumah tanggalah seorang anak mula-mula memperoleh bimbingan dan pendidikan dari orang tuannya. Tugas orang tua adalah memberikan motivasi, guru, sebagai penegak disiplin, dan sebagai pengontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengawasi remaja putri berbusana muslimah di Gampong Alue Naga, bagaimana etika berbusana remaja putri ketika berada diluar rumah di Gampong Alue Naga, serta kendala yang dihadapi orang tua di Gampong Alue Naga dalam pengawasan berbusana muslimah remaja putri pada Gampong Alue Naga Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua Gampong Alue Naga dalam mengawasi remaja putri berbusana muslimah tergolong cukup baik. Diantara peran mereka dalam mengawasi putrinya dalam berpakaian muslimah ialah sebagai motivator, guru, penegak kedisiplinan, dan pengontrol. Penerapan berbusana muslimah bagi remaja putri di Gampong Alue Naga belum diterapkan secara sempurna. Hal tersebut dapat dilihat dari cara berpakaian remaja putri Gampong Alue Naga yaitu masih banyaknya di antara mereka yang belum menutupi anggota tubuhnya sesuai dengan syariat Islam yaitu seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Tetapi secara umum remaja putri telah menggunakan pakaian yang longgar, menggunakan pakaian yang tebal, serta tidak menggunakan pakaian yang menyerupai pakaian laki-laki. Kendalan yang dihadapi oleh orang tua di Gampong Alue Naga dalam pengawasan berbusana muslimah remaja putri diantaranya ialah dilatar belakangi oleh diri anak sendiri, dan juga lingkungan peretemanan serta lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Silfa Nisbah
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:43
Last Modified: 03 Aug 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22258

Actions (login required)

View Item
View Item