Urgensi Laboratorium BKI Dalam Meningkatkan Keterampilan Praktek Konseling Mahasiswa (Studi Deskriptif Analisis Pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry)

Wulandari, 170402071 (2022) Urgensi Laboratorium BKI Dalam Meningkatkan Keterampilan Praktek Konseling Mahasiswa (Studi Deskriptif Analisis Pada Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Laboratorium BKI] Text (Laboratorium BKI)
Wulandari, 170402071, FDK, KPI, 082369929236.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Laboratorium adalah unit penunjang akademik pada suatu program studi, Laboratorium berfungsi sebagai tempat atau wadah untuk melakukan suatu kegiatan eksperimen atau percobaan. Laboratorium BKI adalah tempat dimana berlangsungnya kegiatan praktek konseling. laboratorium merupakan tempat untuk mengaplikasikan teori keilmuan, penguji teoritis, pembuktian uji coba penelitian, dan sebagainya dengan menggunkan alat bantu yang menjadi kelengkapan dan fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai. Salah satu fasilitas perkuliahan yang tidak boleh di abaikan adalah laboratorium sebagai tempat berlangsungya pembelajaran secara praktek keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Laboratorium adalah unit penunjang akademik pada suatu program studi yang keberadaannya pada sebuah perguruan tinggi diatur berdasarkan Peraturan Mentri Pendayagunaan Aparatur Reformasi Birokrasi No 03 Tahun 2010. Keterampilan praktek konseling adalah bentuk skill yang dimiliki konselor dalam menerapkan praktek-praktek konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kedudukan laboratorium BKI dalam pandangan aparatur prodi dan dosen pengampu mata kuliah teknik lab dan bagaimana keterampilan praktek mahasiswa konseling mahasiswa BKI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yang bersumber dari semua data yang didapat dari lapangan, dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Laboratorium adalah suatu unit komponen pendukung di sebuah perguruan tinggi guna menghasilkan lulusan yang bermutu. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa laboratorium BKI sampai saat ini belum terjalani karena sarana dan sarana yang tidak memadai seperti tidak adanya alat dan bahan, ruangan yang sempit, udara yang pengap/panas, dengan tidak berjalannya laboratorium maka akan mempengaruhi keterampilan mahasiswa dalam praktek konseling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.9 Psikologi Linkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Wulandari Wulan
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:56
Last Modified: 03 Aug 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22262

Actions (login required)

View Item
View Item