Peran Guru PAI dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen

Hani Fitria, 170201085 (2022) Peran Guru PAI dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peran Guru PAI dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen] Text (Peran Guru PAI dalam Mengatasi Bullying di SMP Negeri 1 Jeumpa Kabupaten Bireuen)
Hani Fitria, 170201085, FTK, PAI, 082361507689.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tindakan bullying merupakan salah satu problematika yang terjadi dikalangan peserta didik. Bullying merupakan perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok yang dilakukan secara berulang-ulang dengan tujuan menyakiti korban. Terkait dengan tindakan bullying guru PAI harus berperan aktif dalam mengatasinya. Penelitian ini dimaksud untuk menjawab rumusan masalah: 1) bentuk- bentuk bullying apasajakah yang terdapat di SMP Negeri 1 Jeumpa?, 2) bagaimana langkah guru PAI dalam mencegah dan mengatasi bullying yang terjadi di SMP Negeri 1 Jeumpa? 3) solusi apa saja yang diambil oleh pihak sekolah untuk korban bullying dan pelaku bullyng di SMP Negeri 1 Jeumpa?. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang memadukan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif atau yang disebut dengan mix method. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perilaku bullying yang terjadi dikalangan peserta didik dengan yang paling dominan adalah perilaku bullying verbal. Adapun langkah upaya yang dilakukan guru PAI dalam mencegah dan mengatasi tindakan bullying seperti: mencari faktor yang menyebabkan terjadinya dengan melakukan pendekatan dengan peserta didik, memotivasi atau memberi nasehat. Adapun langkah yang diambil dari pihak sekolah dalam mengatasi tindakan bullying yaitu: bekerja sama dengan pihak lembaga anak, melakukan pembinaan melalui wali kelas, guru BK dan guru bidang kesiswaan, memberi nasehat dan peringatan, memanggil orang tua, dan yang terakgir dikeluarkan dari sekolah apabila tindakan bullying terjadi lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hani Fitria Hani
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:44
Last Modified: 03 Aug 2022 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22263

Actions (login required)

View Item
View Item