Analisis Peran Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) Dalam Membangkitkan Potensi Ekonomi Kaum Perempuan Di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya

Nurul Karila, 170602170 (2022) Analisis Peran Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) Dalam Membangkitkan Potensi Ekonomi Kaum Perempuan Di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Koperasi  Mitra Dhuafa] Text (Koperasi Mitra Dhuafa)
Nurul Karila, 170602190, FEBI, ES, 082248910351.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi kaum perempuan yang berekonomi lemah, sebagai sebuah lembaga pembiayaan yang fokus untuk memberikan bantuan modal usaha untuk sektor usaha ekonomi kecil dan menengah telah sangat membantu dalam menopang kehidupan usaha-usaha mikro, usaha rumahan dan kaum perempuan yang berpenghasilan rendah pada umumnya. Penelitian Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Peran Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) dalam membangkitkan Potensi Ekonomi Kaum Perempuan di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pengurus Cabang Koperasi Mitra Dhuafa dan anggota di Desa Pulo Tinggi, Lhok Guci dan Tuwi Perya di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dengan adanya pelaksanaan kegiatan unit usaha simpan pinjam, menciptakan wira usaha bagi kaum perempuan yang memungkinkan potensi masyarakat untuk berkembang (2) Dengan Adanya Koperasi Mitra Dhuafa dapat memudahkan kaum perempuan untuk membangkitkan potensi yang ada melalui pinjaman modal hingga dapat meningkatkan ekonomi lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Karila Nurul
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:51
Last Modified: 03 Aug 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22264

Actions (login required)

View Item
View Item