Pengaruh Penyaluran Dana Infak Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Keuntungan Penerima Infak (Studi di Baitul Mal Banda Aceh)

Muhammad Kausar, 170602126 (2022) Pengaruh Penyaluran Dana Infak Terhadap Perkembangan Usaha dan Peningkatan Keuntungan Penerima Infak (Studi di Baitul Mal Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Dana Infak] Text (Dana Infak)
Muhammad Kausar, 170602126, FEBI, ES, 082370964927.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan dana infak bersifat produktif dengan cara menjadikannya sebagai modal usaha untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Dengan dana infak yang dialokasikan fakir miskin akan mendapatkan penghasilan tetap, meningkatkan usaha, serta mengembangkan usahanya sehingga mereka dapat hidup lebih layak. Peningkatan keuntungan merupakan tujuan akhir dari usaha yang berhasil dilakukan oleh masyarakat, tingkat keuntungan dapat dijadikan ukuran berhasilnya usaha penerima bantuan modal usaha. Dengan meningkatnya keuntungan pelaku usaha dapat mengembangkan usaha, pengembangan mutu, pelayanan yang lebih baik, menambah jumlah produksi, serta dapat memperluas cabang usaha dan menambah karyawan kerja. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyaluran dana infak sebagai modal usaha terhadap perkembangan usaha dan peningkatan keuntungan penerima modal usaha dari dana infak. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer di dapat langsung dari kantor Baitul Mal Banda Aceh dan data sekunder diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner kepada responden yang berjumlah 71 orang. Hasil dari penelitian ini adalah variabel dana infak sebagai modal usaha berpengaruh secara parsial terhadap perkembangan usaha dan peningkatan keuntungan penerima dana infak sebagai modal usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Kausar Kausar
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:34
Last Modified: 04 Aug 2022 02:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22277

Actions (login required)

View Item
View Item