Sistem Pengawasan Pendidikan Terpadu di Kabupaten Aceh Besar

Saifuddin, 27153190 (2022) Sistem Pengawasan Pendidikan Terpadu di Kabupaten Aceh Besar. Doctoral thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Pengawasan Pendidikan Terpadu di Kabupaten Aceh Besar.] Text (Sistem Pengawasan Pendidikan Terpadu di Kabupaten Aceh Besar.)
Saifuddin, 27153190, PS, PAI, 081269099982.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan sistem pengawasan pendidikan terpadu di Kabupaten Aceh Besar. Adapun rumusan masalah dan tujuan penelitian yaitu bagaimana penerapan sistem pendidikan terpadu, implementasi kurikulum, kontribusi pengawas dalam meningkatkan profesionalisme guru dan terhadap sistem pendidikan terpadu serta mekanisme pengawasan sistem pendidikan terpadu di Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan program sistem pendidikan terpadu di Kabupaten Aceh Besar dan sampel penelitiannya unsur pimpinan Kabupaten, MPD Aceh Besar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar dan pelaku pendidikan program sistem pendidikan terpadu pada Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan data secara kualitatif dengan teknik analisa data yaitu analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan telaah data dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: penerapan sistem pendidikan terpadu di Aceh Besar atas dasar kebijakan pemerintah Kabupaten Aceh Besar dengan jenjang pendidikan SD sebanyak 23 dan SMP sebanyak 13 sekolah dan sudah berjalan dua tahapan dengan skema sekolah full day. Pelaksanaannya melibatkan pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan, sekolah, orang tua dan masyarakat. Hasil penerapan pendidikan terpadu sudah mengarah pada tujuan dan pencapaian target penerapan kebijakan program meskipun belum sempurna. Implementasi kurikulum di sekolah program ini, kurikulum 2013 dengan perpaduan mata pelajaran tambahan dari program sistem pendidikan terpadu. Kontribusi pengawas pada sekolah dengan sistem pendidikan terpadu pada dasarnya sama, hanya lebih terfokus pada pengawasan pendidikan dengan pembelajaran terintegrasi, dengan strategi peningkatan profesionalisme guru melalui pendekatan secara personal di sampingi memahami kemampuan secara akademik guru sistem pendidikan terpadu. Mekanisme dalam pengawasan searah dengan pemenuhan indikator pencapaian tujuan, indikator mutu lulusan dan kualitas lulusan pada program sistem pendidikan terpadu. Serta mekanisme pengawasan melekat pada hakikat pengawasan pendidikan dalam setiap tahapan pengawasannya. Adapun novelty dari hasil penelitian yaitu: lahirnya sebuah model pengawasan pendidikan terpadu.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saifuddin Saifuddin
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:23
Last Modified: 04 Aug 2022 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22286

Actions (login required)

View Item
View Item