Pendekatan Dakwah Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Gampong Lhang, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya)

Darwis, 411206601 (2018) Pendekatan Dakwah Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi Gampong Lhang, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pendekatan Dakwah Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja] Text (Pendekatan Dakwah Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja)
Darwis, 411206601, FDK, KPI, 082168612641.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Adapun judul karya ilmiah ini adalah Pendekatan Dakwah Keluarga dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Remaja (Studi di Gampong Lhang, Kecamatan Setia,Kabupaten Aceh Barat Daya). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan dakwah yang bagaimanakah yang cocok diterapkan oleh keluarga gampong Lhang untuk mengatasi kenakalan remaja, kemudian untuk mengetahui kenapa terjadinya kenakalan remaja kemudian untuk mengetahui kenapa terjadinya kenakalan remaja di gampong Lhang, serta untuk mengetahui peluang dan tantangan apa saja yang dihadapi keluarga dalam mengatasi kenakalan remaja di gampong Lhang.Penulisan ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan mengamati keadaan yang ada di desa Lhang, melakukan wawancara pada beberapa keluarga dan remaja kemudian dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dakwah keluarga dalam upaya mengatasi kenakalan remaja di gampong Lhang belum sepenuhnya berjalan, hal ini terbukti dari pernyataan 26 responden yang terdiri dari perangkat desa, orang tua remaja dan remaja yang sudah diwawacarai oleh peneliti. Oleh karena itu pihak keluarga dituntut harus pro aktif kepada anak remajanya baik itu dari segi pengontrolan, memberikan pemahaman agama sejak dini dan bisa menjadi panutan oleh anak sehingga bisa menghindari anak (remaja) pengaruh yang negatif

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. H. A. Karim Syeikh, M.A 2. Fakhruddin, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Dakwah, Keluarga
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Darwis Darwis
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:42
Last Modified: 05 Aug 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22301

Actions (login required)

View Item
View Item