Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMKN 2 Sigli

Fauzul Razi, 150211049 (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Kelas XI di SMKN 2 Sigli. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problem Solving] Text (Problem Solving)
Fauzul Razi, 150211049, FTK, PTE, 082211262112.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan juga wawancara di SMK Negeri 2 Sigli ditemukan bahwa nilai peserta didik jurusan TITL kelas XI masih dibawah rata-rata. Nilai peserta didik yang dibawah rata-rata tersebut terjadi karena peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya agar peserta didik dapat memahami materi pembelajaran yang diberikan sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMKN 2 Sigli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-exsperimen dengan bentuk pre-test post-test design. Dalam mengumpulkan data penelitian digunakan beberapa instrumen yaiutu soal pre-test dan soal post-test. Hasil penelitian ditemukan bahwa dalam penerapan model pembelajaran Problem Solving ditemukan beberapa kendala diantaranya ialah kurangnya respon peserta didik terhadap guru pada saat pembelajaran berlangsung serta masih kurangnya kedisiplinan peserta didik. Hasil pre-test peserta didik menunjukkan bahwa nilai peserta didik masih dibawah KKM yaitu dibawah 70 dengan rat-rata nilai 51,30. Nilai post-test peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dengan rata-rata skor 82,17. Dengan demikian adanya penerapan model pembelajran problem solving dapat mininggkatkan pemahaman peserta didik dalam memahami materi, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meninggkat pula.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Fauzul Razi Fauzul
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:59
Last Modified: 05 Aug 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22308

Actions (login required)

View Item
View Item