Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segitiga dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Media Realia Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar

Lidia, 170209060 (2021) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segitiga dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Media Realia Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segitiga dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Media Realia Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar] Text (Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segitiga dan Persegi Panjang Dengan Menggunakan Media Realia Di Kelas III MIN 26 Aceh Besar)
Lidia, 170209060, FTK, PGMI, 085260451194.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa saat ini masih kurang, hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan kurang menarik sehingga siswa mudah merasa bosan dan minat belajar menjadi kurang. Dari pemahaman konsep siswa dapat menyatakan ulang sebuah konsep, kemudian dapat mengklafikasikan objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dan dapat mengaplikasikan pemahaman konsep yang telah diperolehnya. Salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segitiga dan persegi panjang yaitu dengan menggunakan media realia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segitiga dan persegi panjang dengan menggunakan media realia dengan tanpa menggunakan media realia terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas III MIN 26 Aceh Besar. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes yaitu kemampuan pemahaman konsep awal atau sebelum memulai pembelajaran dan postes untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah menggunakan media, penelitian ini menggunakan rumus uji-t untuk melihat perbandingan kelas yang menggunakan media dan tanpa menggunakan media dengan kriteria pengambilan nilai yaitu jika nilai signifikan < 0,25 maka Ho ditolak dan jika nilai ≥ 0,25 maka Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig. 1-tailed) sebesar ,000 atau 0. Karena 0,000 < 0,25 maka dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi segitiga dan persegi panjang dengan menggunakan media realia lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan media di kelas III MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.7 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lidia Lidia
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:53
Last Modified: 05 Aug 2022 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22314

Actions (login required)

View Item
View Item