Pengelolaan OSIM Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Di MAN 1 Pidie Jaya

Wulandari, 170206100 (2021) Pengelolaan OSIM Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Di MAN 1 Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengelolaan OSIM Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Di MAN 1 Pidie Jaya] Text (Pengelolaan OSIM Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Di MAN 1 Pidie Jaya)
Wulandari, 170206100, FTK, MPI, 085261272418.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan organisasi merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantu mengembangkan peserta didik sesuai kebutuhan, potensi, minat, dan bakat mereka melalui kegiatan yang diselenggarakan madrasah. Tugas OSIM yang harus diperhatikan salah satunya meningkatkan kreativitas peserta didik. Tidak hanya dari proses belajar mengajar dapat meningkatkan kreativitas peserta didik, tetapi juga bisa dari berbagai kegiatan yaitu salah satunya kegiatan latihan dasar kepemimpinan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan, strategi dan hambatan OSIM dalam peningkatan kreativitas peserta didik di MAN 1 Pidie Jaya melalui kegiatan LDK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu waka kesiswaan, Pembina OSIM, dan pengurus OSIM. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan OSIM dalam peningkatan kreativitas Peserta didik meliputi perencanaan yang sudah dirancang sebagus mungkin, pelaksanaan yang berjalan dengan baik dan pembina OSIM selalu membantu mengarah dan memberi solusi-solusi kepada pengurus OSIM, serta merekrut panitia dalam kegiatan tersebut agar berjalan dengan lancar dan terarah. (2) Strategi OSIM dalam peningkatan kreativitas peserta didik meliputi melakukan pendekatan dengan warga madrasah. (3) Hambatan dalam peningkatan kreativitas peserta didik meliputi kurangnya minat peserta didik terhadap organisasi, belum adanya evaluasi secara keseluruhan, dan kurangnya orang yang memberi materi dalam kegiatan LDK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wulandari Wulandari
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:15
Last Modified: 05 Aug 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22329

Actions (login required)

View Item
View Item