Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas V MIS Simpang Kanan Aceh Singkil

Muharianti Ulfa Limbong, 170209071 (2022) Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas V MIS Simpang Kanan Aceh Singkil. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Sikap Ilmiah 	Peserta Didik Kelas V MIS Simpang Kanan Aceh Singkil] Text (Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas V MIS Simpang Kanan Aceh Singkil)
Muharianti Ulfa Limbong, 170209071, FTK, PGMI, 082128712520.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Scrapbook merupakan salah satu karya yang kreatif berbentuk buku.Pada kenyataannya peserta didik menyukai buku yang disertai gambar dan penjelasan materi. Penelitian ini menggunakan media scrapbook sebagai media pembelajaran di kelas, kurangnya penggunaan media pembelajaran akan mengakibatkan peserta didik merasa bosan dan tidak menarik dalam belajar. Hal ini terjadi pada peserta didik di kelas V MIS Simpang Kanan guru masih terpaku menggunakan media buku cetak serta papan tulis saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui a) Pengaruh media scrapbook terhadap sikap ilmiah, b) Respon peserta didik terhadap penggunaan media scrapbook dalam proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Pre-Eksperiment dengan desain The one shot case study Design. Sampel penelitian kelas V sebanyak 13 peserta didik.Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dalam bentuk pernyataan dan angket.Analisis data menggunakan uji regresi dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase responden. Berdasarkan hasil analisis perhitungan data didapatkan: (a) menunjukkan bahwa X mempengaruhi Y di uji dengan persamaan regresi yaitu Y= 33,7 + 0,4X bahwa terdapat pengaruh media scrapbook terhadap sikap ilmiah peserta didik, (b) respon peserta didik terhadap media scrapbook dengan persentase sebesar 96% kategori sangat setuju (SS). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh media scrapbook terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas Vdan peserta didik merasa tertarik menggunakan media scrapbook.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muharianti Ulfa Limbong
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:15
Last Modified: 08 Aug 2022 02:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22330

Actions (login required)

View Item
View Item