Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padang Tiji

Rita Daris Iryani, 201003013 (2022) Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padang Tiji. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapa Model Cooperative Learning Tipe  STAD  Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padang Tiji] Text (Penerapa Model Cooperative Learning Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padang Tiji)
Rita Daris Iryani, 201003013, PS, PAI, 082324796206.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran adalah tercapainya target penguasaan materi yang disampaikan guru kepada siswa dan indikator pencapaian target tersebut adalah hasil belajar siswa tersebut akan baik dan meningkat apabila di dalam proses pembelajaran terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa. Interaksi tersebut akan timbul apabila ada respon baik yang timbul dari siswa sendiri. Karena belajar yang baik harus timbul dari keinginan siswa sendiri. Hal ini terjadi apabila siswa merasa senang terhadap pelajaran yang disampaikan. Dari observasi di SMP 1 Padang Tiji, pada proses pembelajaran belum optimal dan masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Berdasarkan masalah tersebut maka diajukan upaya perbaikan melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padang Tiji yang terdiri dari 26 siswa dengan kemampuan heterogen. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes atau evaluasi, dokumentasi.
Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah:1) Bagaimana penerapan model cooperative learning tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar materi PAI di SMP 1Padang Tiji, 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar PAI siswa kelas VIII-1 SMP 1 Padang Tiji setelah penerapan model cooperative learning tipe STAD. Penggunaan model yang tepat dapat menghasilkan hasil belajar yang berbeda. Maka peneliti menerapkan model cooperative learning tipe STAD dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII-1 di SMP 1 Padang Tiji pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan tuntas pada siklus II. Hasil observasi menunjukan bahwa perolehan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pada siklus I mencapai 58.84%, dan Siklus II mencapai 78.26%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 30.76%, dan siklus II mencapai 96.15%. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD, dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rita Daris Iryani Rita
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:37
Last Modified: 05 Aug 2022 03:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item
View Item