Pengembangan E- Handout Berbasis Mind Mapping Dan Gambar Pada Materi Ekosistem Di SMP Negeri 1 Woyla

Badriati Abdiah, 180207053 (2022) Pengembangan E- Handout Berbasis Mind Mapping Dan Gambar Pada Materi Ekosistem Di SMP Negeri 1 Woyla. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan E- Handout Berbasis Mind Mapping Dan Gambar Pada Materi Ekosistem Di SMP Negeri 1 Woyla] Text (Pengembangan E- Handout Berbasis Mind Mapping Dan Gambar Pada Materi Ekosistem Di SMP Negeri 1 Woyla)
Badriati Abdiah, 180207053, FTK, PBL, 081325246831.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Selama masa pandemi covid 19 terjadi pengurangan waktu belajar, sehingga guru mengalami kesulitan dalam menyesuaikan keterbatasan waktu yang tersedia dengan tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Buku paket hanya bisa digunakan saat proses pembelajaran berlangsung dan guru belum menggunakan bahan ajar lainnya yang bisa digunakan peserta didik diluar sekolah, sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-handout berbasis mind mapping dan gambar pada materi ekosistem di SMPN 1 Woyla. Penelitian ini menggunakan model R&D dengan rancangan penelitian 4D (four-D) meliputi tahapan define, design, develop dan dessimination. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan 25 peserta didik kelas VII/1 SMPN 1 Woyla. Objek dalam penelitian ini adalah kelayakan media dan materi serta respon peserta didik terhadap bahan ajar. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar uji kelayakan media, lembar uji kelayakan materi dan angket respon siswa. Analisis data kelayakan dan respon siswa menggunakan rumus persentase. Analisa uji kelayakan media oleh para ahli diperoleh persentase rata-rata 97% dengan kualifikasi sangat layak. Kelayakan materi oleh para ahli diperoleh persentase rata-rata 90% dengan kualifikasi sangat layak. Respon siswa terhadap e-handout berbasis mind mapping dan gambar diperoleh hasil sebesar 97,7% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji kelayakan media dan materi serta respon siswa yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-handout berbasis mind mapping dan gambar pada materi ekosistem sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk peserta didik di SMPN 1 Woyla.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, E-Handout, Ekosistem, Kelayakan, Respon Siswa
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Badriati Abdiah Badriati
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:21
Last Modified: 08 Aug 2022 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22339

Actions (login required)

View Item
View Item