Al-Alaaqah Baina Dawaafi' At ta'allum Wa Tahshil Diraasah Al Muhaadatsah 'Inda Aththalabah Qism Ta'lim Al Lughah Al 'arabiyyah bi Jaami'ah Ar-raniiry Al Islamiyyah Banda Atsyiah (Diraasah 'inda Thalabah Al Ghayuwiyyin)

Chintia Dewi, 180202016 (2022) Al-Alaaqah Baina Dawaafi' At ta'allum Wa Tahshil Diraasah Al Muhaadatsah 'Inda Aththalabah Qism Ta'lim Al Lughah Al 'arabiyyah bi Jaami'ah Ar-raniiry Al Islamiyyah Banda Atsyiah (Diraasah 'inda Thalabah Al Ghayuwiyyin). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang hubungan antara motivasi dan hasil belajar mahasiswa gayo dalam mata kuliah muhadatsah] Text (membahas tentang hubungan antara motivasi dan hasil belajar mahasiswa gayo dalam mata kuliah muhadatsah)
SKRIPSI _CHINTIA DEWI_180202016.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar mahasiswa Gayo dalam belajar muhadatsah dan bagaimana hasil belajar mereka dalam mata kuliah muhadatsah serta bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa asal Gayo dalam belajar muhadatsah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Gayo yang terdapat di prodi PBA UIN Ar- Raniry Banda Aceh, kemudian peneliti mengambil 24 di antaranya sebagai sampel dengan tehnik purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi, metode pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, setelah menganalisis data dengan uji korelasi Pearson, peneliti menemukan bahwa motivasi mahasiswa Gayo dalam belajar muhadatsah berada dalam kategori sedang, sedangkan hasil belajar mahasiswa Gayo dalam belajar muhadatsah dalam kategori sangat baik. Setelah dilakukan analisis data, peneliti menemukan bahwa nilai r tabel lebih besar daripada r hitung, sehingga (Ha) ditolak dan (Ho) diterima, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara motivasi belajar mahasiswa Gayo dengan hasil belajar mereka dalam belajar muhadatsah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Chintia Dewi
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:22
Last Modified: 08 Aug 2022 02:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22370

Actions (login required)

View Item
View Item