Penerapan Teknik Rileksasi Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Kelas XI Di SMAN Unggul Darussalam

Istya Donna Ali, 170213030 (2021) Penerapan Teknik Rileksasi Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Kelas XI Di SMAN Unggul Darussalam. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teknik Rileksasi Untuk Mereduksi Stres Akademik   Siswa Kelas XI Di SMAN Unggul Darussalam] Text (Penerapan Teknik Rileksasi Untuk Mereduksi Stres Akademik Siswa Kelas XI Di SMAN Unggul Darussalam)
Istya Donna Ali, 170213030, FTK, BK, 082271362219.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Setiap manusia yang lahir ke dunia ini pasti akan memiliki permasalahan- permasalahan, bisa ringan bisa berat, berjangka pendek ataupun berjangka panjang, dan manusia juga memiliki cara penyelesaianya masing masing dengan cara yang berbeda pula. Ada yang mampu untuk bertahan didalam semua masalahnya dengan bersikap tenang dan ada juga yang yang merasa masalahnya tidak kunjung selesai dan mengakibatkan kekalutan yang berakibatkan stres. Stres yang terjadi didalam lingkungan sekolah umumnya disebut dengan sters belajar atau stres akademik, stres yang timbul akibat belajar tidak terlepas dari beban psikologis yang dirasakan karena faktor belajar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, Dengan menggunakan pendekatan design one group pre-test and post test design, Hasil post-test pada pengungkapan stres akademik yang diperoleh dari skor pre-test kategori rendah, Hasil analisis data menunjukan rata-rata pre-test stres akademik siswa adalah 5.12, sedangkan rata-rata nilai posttest 97.5 dan diperoleh nilai thitung sebesar 11.909 kemudian dikonsultasikan dengan tabel pada (df) N-110-19 maka diperoleh nilai tabel sebesar 11.909. hasil paried sampel test maka dapat dibandingkan : tabel t hitung 0,4973 11.909 dengan demikian dapat disimpulkan nilai t hitung besar. Berdasarkan penelitian menyatakan Ho ditolak “ penerapan teknik relaksasi tidak berpengaruh untuk mereduksi stres akademik siswa kelas XI SMAN Unggul Darussalam” tidak terbukti kebenaranya dan Ha diterima “penerapan teknik relaksasi berpengaruh untuk mereduksi stres akademik siswa kelas XI SMAN Unggul Darussalam”, terbukti kebenaranya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Istya Donna Ali
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:03
Last Modified: 08 Aug 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22380

Actions (login required)

View Item
View Item