Kreativitas Masyarakat Pengrajin Anyaman Rotan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar

Awanda Balqis, 170404018 (2022) Kreativitas Masyarakat Pengrajin Anyaman Rotan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Ekonomi Keluarga] Text (Ekonomi Keluarga)
Awanda Balqis, 170404018, FDKPMI, 085262012518.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Kreativitas pengrajin anyaman rotan adalah suatu kreativitas pada anyaman rotan yang mana kreativitas ini menumbuhkan kemampuan seseorang dalam mengembangkan anyaman rotan ide kreatif ini dimulai pengrajin dan dari kreativitas yang ada dapat membantu pengrajin anyaman rotan dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Masalah penelitian ini adalah tentang apa saja yang menjadi penghambat pengrajin dalam menjalani usaha anyaman rota dalam meningkatkan ekonomi keluarga, dan bagaimana kreativitas pengrajin anyaman rotan serta bagaimana upaya pengrajin dalam membangun usaha dan menyebarkan hasil usaha anyaman rotan. Penelitian ini dilakukan di Gampong Kueh, Aneuk Paya dan Lamgaboh di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Metode yang digunakan yaitu Metode Kualitatif. Peneliti mengambil masalah-masalah yang ada bedasarkan data-data, dan menganalisis data kemudian diceritakan berdasarkat data yang telah didapatkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan kreativitas yang dilakukan pengrajin anyaman rotan adalah satu jalan untuk mengambangkan anyaman rotan mereka dan ide kreativitas tersebut pengrajin dapatkan dengan belajar dengan sesama pengrajin dan juga melalui sosial media.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Awanda Balqis Wanda
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:12
Last Modified: 08 Aug 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22382

Actions (login required)

View Item
View Item