Penerapan Pola Pengasuhan Anak Terlantar Berbasis Keluarga Pengganti (Family Base Care) Di Save Our Soul (Sos) Children’s Village Kota Banda Aceh

Nadhiratul Husna, 170404040 (2021) Penerapan Pola Pengasuhan Anak Terlantar Berbasis Keluarga Pengganti (Family Base Care) Di Save Our Soul (Sos) Children’s Village Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Keluarga Pengganti] Text (Keluarga Pengganti)
Nadhiratul Husna, 170404040, FDK, PMI, 081275562598.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Anak terlantar adalah anak-anak yang karena suatu sebab tidak terpenuhi kebutuhan dasarnya dengan wajar, baik rohani, jasmani, maupun sosial. Penerapan pola pengasuhan berbasis Family base care yang diterapkan oleh SOS Children’s Village ini merupakan peran keluarga pengganti bagi anak-anak yang kehilangan pengasuhan dan kasih sayang dari orang tuanya maupun keluarganya menjadi pengasuhan efektif terhadap anak-anak yang kurang beruntung yang berbeda dengan panti sosial yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pola pengasuhan anak bebrasis keluarga, hubungan anak dan orang tua di bawah asuhan SOS Children’s Village, serta faktor pendukung dan penghambat pola asuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, penentuan informan dengan purposive sampling. Teknik yang digunakan pada pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengasuhan berbasis keluarga (Family Base Care) adalah sebuah pengasuhan alternatif untuk anak, yang kurang lebih bentuknya sama seperti keluarga asli pada umumnya. Dalam hal ini, ada juga beberapa model pengasuhan lainnya, akan tetapi pengasuhan berbasis keluarga lah yang bisa dikatakan efektif dalam pengasuhan anak terlantar yang sudah kehilangan kasih sayang dari orang tua mereka. Adapun dengan anak mereka disana diajarkan untuk berprilaku dengan baik sesama keluarga adik dan kakak di dalam rumah, saling menjaga, saling menasehati ketika salah, dan saling menghargai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nadhiratul Husna Dira
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:13
Last Modified: 08 Aug 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22385

Actions (login required)

View Item
View Item