Analisis Komentar Netizen Melalui Instagram Akun @dagelanmusik Terhadap Konten Televisi Indonesia

Al Fazzatil A`la, 180401032 (2022) Analisis Komentar Netizen Melalui Instagram Akun @dagelanmusik Terhadap Konten Televisi Indonesia. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas mengenai komentar netizen pada akun Instagram @dagelanmusik mengenai koneten televisi Indonesia dianalisis melalui analisis isi model Krippendorft] Text (membahas mengenai komentar netizen pada akun Instagram @dagelanmusik mengenai koneten televisi Indonesia dianalisis melalui analisis isi model Krippendorft)
Al FAZZATIL A`LA, 180401032, FDK, KPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ Analisis Komentar Netizen Melalui Instagram Akun @Dagelanmusik Terhadap Konten Televisi Indonesia” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komentar apa saja yang diunggah netizen pada akun @daelanmusik terhadap konten televisi Indonesia, serta netizen lebih tertarik terhadap isu konten yang bagaimana? dan apakah netizen memiliki power yang kuat dalam mengkritik konten siaran televisi Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agenda setting yang dipadukan dengan teori use and gratification yang dilihat dari aspek sudut pandang netizen atau pengguna. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian analisis isi dengan pendekatan analisis isi kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif model krippendorf. Pada penelitian ini unit analisis yang digunakan adalah unit fisik, unit sintaksis, unit referensial, unit tematik dan unit proposional. Sementara ruang lingkup studi ini mencakup postingan sample vidio dan seluruh komentar pada tiap sampel vidio yang ditarik menggunakan teknik non - probability sampling dimana sampel dipilih sesuai dengan kebutuhan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pada lima sampel vidio terdapat 4.405 komentar, yang dibagi menjadi tujuh kategori jenis komentar diantaranya, kritikan, saran, positif, negatif, keluhan, religius dan sarkasme. Dalam hasil analisis menemukan bahwa terdapat beragam komentar yang dituliskan netizen terhadap konten televisi dan isu yang paling banyak dikomentari ialah konten yang didalamnya menampilkan tayangan yang tidak memuat unsur positif ataupun sesuai dengan ketentuan serta tidak memberikan benefit yang baik bagi penonton. Perkembangan media sosial saat ini memberikan peluang kepada masyarakat untuk beropini melalui kolom komentar salah satunya di akun Instagram @dagelanmusik untuk mengkritik dan menyampaikan aspirasinya terhadap konten televisi. Hal ini menunjukkan bahwa netizen peduli dan memiliki power dalam memberikan masukan dan kritikan pada konten pertelevisian Indonesia. Beberapa yang memiliki tingkat keparahan maka pihak pertelevisian bisa menutup suatu program atas dasar dari banyak muncul laporan negatif terkait dengan program acara.
Kata Kunci : Analisis, Komentar Netizen, Instagram, Konten Televisi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya > 028.5 Membaca dan Penggunaan Media Informasi lainnya oleh Kawula Muda
000 Computer Science, Information and System > 070 News Media, Journalism & Publishing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Al Fazzatil A`la Fazza
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:17
Last Modified: 11 Aug 2022 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22389

Actions (login required)

View Item
View Item