Pengaruh Model NHT Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMAN 1 Meulaboh

Rika Umaira, 291324960 (2017) Pengaruh Model NHT Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif PhET Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMAN 1 Meulaboh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang komunikasi]
Preview
Text (membahas tentang komunikasi)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah saat ini kurang memberikan hasil yang maksimal, hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media terhadap materi yang diajarkan. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit karena masih banyak siswa yang nilainya di bawah ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yaitu 70. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian tentang pengaruh model NHT melalui penggunaan multimedia interaktif PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dan respon siswa terhadap model NHT melalui penggunaan multimedia interaktif PhET Simulation. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design) menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 berjumlah 30 siswa dan kelas X MIA 3 berjumlah 31 siswa. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t dan didapat kesimpulan bahwa ada pengaruh model NHT melalui penggunaan multimedia interaktif PhET Simulation terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMAN 1 Meulaboh, hasil presentase respon siswa yaitu 97,17% mengindikasikan bahwa siswa sangat tertarik belajar dengan menggunakan model NHT melalui penggunaan multimedia interaktif PhET Simulation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Latifah Hanum, M.Si 2. Nurbayani, M.Ag
Uncontrolled Keywords: NHT, PhET Simulation, Hasil Belajar, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rika Umaira
Date Deposited: 16 Jan 2018 09:14
Last Modified: 17 Jan 2018 07:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item
View Item