Estimasi Stok Karbon pada Tumbuhan Mangrove di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan

Duwi Khartika, 180207001 (2022) Estimasi Stok Karbon pada Tumbuhan Mangrove di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Estimasi Stok Karbon pada Tumbuhan Mangrove di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan] Text (Estimasi Stok Karbon pada Tumbuhan Mangrove di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh sebagai Referensi Tambahan Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan)
Duwi Khartika, 180207001, FTK, PBL, 082165457003.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44MB)

Abstract

Tumbuhan mangrove memiliki fungsi ekologis yang sangat penting terutama bagi wilayah pesisir. Salah satunya terdapat di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh yang memiliki fungsi ekologis sebagai penyimpan karbon. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui komposisi jenis tumbuhan mangrove, (2) menghitung stok karbon pada tumbuhan mangrove, dan (3) mengetahui kelayakan output yang dihasilkan sebagai referensi mata kuliah ekologi tumbuhan dari penelitian “Estimasi Stok Karbon pada Tumbuhan Mangrove di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh“. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh yang menggunakan metode survey dengan cara peletakan sampel secara purposive sampling kemudian ditetapkan line transek dengan panjang 10 m x 50 m. Analisis data komposisi jenis dan deskripsi tumbuhan mangrove dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan perhitungan stok karbon dan kelayakan buku ajar menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu dengan rumus alometrik stok karbon dan rumus kelayakan output. Hasil penelitian di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh terdapat 16 jenis tumbuhan mangrove. Estimasi stok karbon pada tumbuhan mangrove yang terdapat di Kecamatan Kuta Raja Kota Banda Aceh sebesar 1,499 Kg/Ha dengan biomassa sebesar 3,260 Kg/Ha. Hasil uji kelayakan buku ajar yang didapatkan dari dosen ahli materi diperoleh skor total 84,61% (sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu buku yang dapat digunakan sebagai sumber belajar) dan dosen ahli media diperoleh total skor 80% (layak). Sehingga diperoleh rata-rata total skor validasi ahli materi dan ahli media sebesar 82,3% yang dikategorikan sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu buku yang nantinya dapat digunakan sebagai referensi tambahan pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Duwi Khartika
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:42
Last Modified: 10 Aug 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22427

Actions (login required)

View Item
View Item