Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Reward dan Punismenht di SMK Negeri 2 Banda Aceh

Cut Roza Emilda, 160211051 (2022) Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Reward dan Punismenht di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Reward dan Punismenht di SMK Negeri 2 Banda Aceh] Text (Perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Model Pembelajaran Reward dan Punismenht di SMK Negeri 2 Banda Aceh)
Cut Roza Emilda, 160211051, FTK, PTE, 082364245954.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Hasil observasi di SMK Negeri 2 Banda Aceh kelas X masih menemukan kendala dalam hal peran serta dan aktivitas peserta didik yang masih tergolong rendah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perbandingan belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Reward dan Punishment. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui tes dan lembar kuesioner. Hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar pada materi dasar listrik dan elektronika menggunakan model pembelajaran Reward dan Punishment tidak sama dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik, diketahui bahwa Sig. (2- tailed) lebih kecil dari pada α = 0,05 (0.001< 0.05). Dimana sesuai dengan data pengujian hipotesis yang bahwa jika nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) tidak sama dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran Reward dan Punishment dan hasil respon peserta didik terhadap model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Reward dan Punishment menunjukkan bahwa model pembelajaran Reward dan Punishment lebih diminati oleh peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Hal ini dapat dibuktikan dari persentase rata- rata respon kuesioner, yang mana persentase rata- rata pada model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah 81% sedangkan presentase rata- rata pada model pembelajaran Reward dan Punishment adalah 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Cut Roza Emilda
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:51
Last Modified: 10 Aug 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22429

Actions (login required)

View Item
View Item