Signifikansi Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara

Sinta Pika Aulia, 180206006 (2022) Signifikansi Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Signufikansi Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara] Text (Signufikansi Kinerja Guru Terhadap Mutu Lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara)
Sinta Pika Aaulia, 180206006, FTK, MPI, 082361953161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor penting dalam menentukan mutu lulusan hal ini mkenuntut guru agar lebih meningkatkan kinerja dalam proses pembelajaran karena proses pendidikan kinerja guru yang baik dapat dilihat dari komitmen kerja yang tinggi dan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan signifikansi kinerja guru terhadap mutu lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru MP 1, dan guru MP 2. Analisis data menggunakan teori triangulasi sebagai teknik pemeriksaan keabsahan data dengan membandingkan hasil wawancara dan observasi atau pengamatan untuk mengecek kebenaran data. Hasil penelitian menggunakan bahwa, Pertama yang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru terhadap mutu lulusan dengan cara mengikutsertakan guru dalam pelatihan-pelatihan, seminar, workshop, dam melakukan supervisi serta evaluasi terhadap guru-guru, memotivasi, mengarahkan dan memberi masukan kepada guru-guru. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja terhadap mutu lulusan di MAN 1 Aceh Tenggara adalah adanya motivasi, dorongan, semangat dari kepala madrasah, lingkungan fisik sekolah, sarana prasarana, dan kemampuan berfikir, dan pelatihan-pelatihan. Ketiga, kendala yang dihadapi madrasah masih kurang mahirnya para guru dalam penggunaan media dan metode pembelajaran secara bervariasi, serta keterbatasan dalam menguasai teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sinta Pika Aulia
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:12
Last Modified: 10 Aug 2022 04:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item
View Item