Peran Petugas Registrasi Gampong (PRG) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan

Khairul Fahmi, 170802030 (2022) Peran Petugas Registrasi Gampong (PRG) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Petugas Registrasi Gampong (PRG) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan  (Studi di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan] Text (Peran Petugas Registrasi Gampong (PRG) Dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi di Gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan)
Khairul Fahmi, 170802030, FISIP, IAN, 085260451840 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Sebuah negara sangat penting melakukan pencatatan data kependudukan hal ini dikarenakan salah satu faktor majunya sebuah negara ditentukan oleh masyarakat yang patuh terhadap kepemilikan dokumen kependudukan. Kondisi awal sebelum terbentuknya petugas registrasi gampong di gampong Sapik masih banyaknya masyarakat yang mengeluhkan jarak yang ditempuh terutama masyarakat yang kurang mampu dan usia yang sudah lanjut, jarak yang ditempuh dari gampong Sapik ke dukcapil Kabupaten yang menempuh jarak sekitar 41 KM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari petugas registrasi gampong di Gampong Sapik, Kabupaten Aceh Selatan dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan dan apa saja faktor pendukung serta penghambat petugas registrasi gampong dalam pengurusan administrasi kependudukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Petugas Registrasi Gampong memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan cara datang langsung kesetiap rumah warga untuk mensosialisasikan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan serta memfasilitasi penggurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dari PRG dan juga memberikan pelayanan yang maksimal agar masyarakat puas dengan kehadiran PRG sedangkan faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang diterima berupa uang saku pada setiap pengurusan dokumen kependudukan ke Dukcapil sedangkan faktor penghambat yang sering dihadapi PRG yaitu minimnya dukungan perangkat gampong terutamanya dari Kepala Dusun pada saat terjadinya kelahiran/kematian penduduk didalam wilayah administrasi kepala dusun sering tidak melaporkan kepada petugas registrasi gampong akibatnya secara otomatis informasi yang diterima oleh petugas registrasi gampong mengalami keterlambatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kehadiran Petugas Registrasi Gampong di Gampong Sapik masyarakat disana sangat terbantu dalam mendapatkan pelayanan kependudukan secara gratis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Khairul Fahmi
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:57
Last Modified: 10 Aug 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22443

Actions (login required)

View Item
View Item