Analisis Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Dinas Sosial Terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat

Ika Yusliana, 180403019 (2022) Analisis Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Dinas Sosial Terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Analisis Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Dinas Sosial Terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat] Text (Analisis Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Dinas Sosial Terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat)
Ika Yusliana, 180403019, FDK, MD, 085361766155.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Kepuasan Masyarakat Penerima Manfaat Bantuan Dinas Sosial Terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) Di Kecamatan Johan Pahlawan Aceh Barat” Kemiskinan merupakan suatu kondisi sosial ekonomi seseorang atau sekelompok orang yang tidak terpenuhi hak-hak dasar untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat. Kebutuhan dasar yang menjadi hak seseorang atau sekelompok orang yang meliputi kebutuhan pangan, Pendidikan, kesehatan, perumahan, pekerjaan dll. Dalam UU No. 1 Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan (PKH). PKH merupakan program yang berbasis keluarga miskin, sehingga yang menjadi utama adalah keluarga yang tidak mampu secara ekonomi. Pelayanan Dinas Sosial terhadap Program Keluarga Harapan (PKH) belum terealisasikan sepenuhnya kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan tersebut. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat jika diukur dengan Standar Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kuantitatif dengan menggunakan teknik survei. Populasi pada penelitian ini Masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Johan Pahlwan Aceh Barat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, sampel pada penelitian ini ditetapkan 100 orang masyarakat. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data peneliti menggunakan metode statistik, data di uji dengan uji validitas, uji reliabilitas dan uji Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil analisis menunjukkan Berdasarkan indikator Kenyataan Masyarakat Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 80,10, indicator yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi Perilaku Pelaksana Pelayanan = 4,27 dengan nilai konversi sebesar 85,40 nilai bobot “Sangat Setuju”, sedangkan nilai terendah indicator persyaratan = 3,77 dengan nilai konversi sebesar 75,40 nilai bobot “Setuju”. Berdasarkan indikator Harapan Masyarakat Penerima Progrm Keluarga Harapan (PKH) Nilai konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) 87,89, indikator yang memiliki nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tertinggi Biaya/Tarif = 4,62 dengan nilai konversi sebesar 92,40 nilai bobot “Sangat Setuju”, sedangkan nilai terendah indicator Sarana dan Prasarana = 4,01 dengan nilai konversi sebesar 80,20 nilai bobot “Setuju”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Ika Yusliana
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:00
Last Modified: 10 Aug 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22445

Actions (login required)

View Item
View Item