Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Problematika Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 43 Takengon

Rishki Arianda Cibro, 170201148 (2021) Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Problematika Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 43 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Problematika Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 43 Takengon] Text (Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Problematika Sosial Peserta Didik Kelas VIII SMPN 43 Takengon)
Rishki Arianda Cibro, 170201148, FTK, PAI, 082370690225.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Problematika sosial adalah suatu permasalahan yang timbul dalam masyarakat yang disebabkan oleh tuntutan kehidupan kehidupan yang sulit dicapai baik dari segi ekonomis, sosial, psikologi dan kebudayaan. Penelitian ini ingin mengetahui apa saja bentuk problematika sosial yang terjadi pada siswa, apa hambatan guru PAI dala mengatasi problematika, serta bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi problematika sosial siswa kelas VIII SMPN 43 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbentuk deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dengan sampel sebanyak 10 orang siswa, 2 orang guru PAI, 1 orang orang kepala sekolah dan 1 orang wakil kepala sekolah, data yang digunakan meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan problematika sosial yang terjadi di kalangan peserta didik SMPN 43 Takengon yaitu, siswa melanggar peraturan berbagai bentuk peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun hambatan guru PAI dalam mengatasi problematika sosial di SMPN 43 Takongon yaitu: tidak ada kesadaran diri serta dukungan dari orang tua, faktor komunikasidan. Upaya guru PAI dalam mengatasi problematika sosial di kalangan peserta didik yaitu: memberikan beasiswa kepada peserta didik yang kurang mampu, melakukan pendekatan dengan peserta didik dan orang tua dan menegur serta memberi nasehat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rishki Arianda Cibro
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:57
Last Modified: 10 Aug 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22446

Actions (login required)

View Item
View Item