Analisis Strategi Marketing Usaha Aramotic Kopi Ulee Kareng Dalam Perspektif Marketing Syariah

Muhammad Aziz, 1406020606 (2021) Analisis Strategi Marketing Usaha Aramotic Kopi Ulee Kareng Dalam Perspektif Marketing Syariah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Marketing] Text (Strategi Marketing)
Muhammad Aziz, 140602060, FEBI, ES, 082277474102.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Strategi Marketing Usaha Aramotic Kopi Ulee Kareng Dalam Perspektif Marketing Syariah” ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui strategi marketing yang dilakukan pada usaha Aromatic kopi Ulee Kareng dan kesesuaian strategi marketing sesuai syariah dalam usaha aromatic kopi Ulee Kareng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Informan penelitian terdiri dari pemilik, karyawan dan pelanggan. Teknik pengumpulan dilakukan dengan wawancara, studi kepustakaan, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Strategi marketing yang dilakukan pada usaha Aromatic kopi Ulee Kareng terlihat dalam beberapa aspek, yaitu: aspek produk, pihak usaha Aromatic kopi Ulee Kareng selalu meningkatkan kualitas produk kopinya dengan menyediakan berbagai jenis produk yang dikemas secara baik untuk mampu menarik minat beli pelanggan. Aspek harga, pihak usaha Aromatic kopi Ulee Kareng menyesuaikan dengan produk dan daya beli pelanggan. Artinya harga yang ditetapkan berdasarkan kemampuan masyarakat dan bentuk kemasan. Aspek promosi, dimana pihak usaha Aromatic kopi Ulee Kareng memanfaatkan jasa pihak kedua seperti pemilik kedei kopi dan media sosial baik online maupun media cetak untuk menyampaikan berbagai pesan promosi produk yang disediakan oleh usaha Aromatic kopi Ulee Kareng. Sedangkan aspek lokasi, usaha Aromatic kopi Ulee Kareng dalam pemasarannya mempertimbangkan strategisnya dan daya beli pelanggan di lokasi pemasaran tersebut. Startegi marketing usaha aromatic kopi Ulee Kareng telah dijalankan sesuai syariah yang ditandai adanya implementasi prinsip pemasaran syariah, yaitu: pemasaran syari’ah aspek teistis (rabbaniyah) dapat dilihat dari mereka yang menerima klasifikasi karyawannya dan menerapkan standar yang harus mewajibkan para karyawan untuk dapat melaksanakan ibadah dan mengutamakan kewajiban agama dari tugas-tugas pekerjaan lainnya. Aspek akhalak mulia (Akhlaqiyah) dimana pihak usaha aromatic kopi Ulee Kareng mengedepankan nilai-nilai akhlakul karimah untuk membuat konsumen betah atau nyaman kepada karyawan yang memiliki tutur kata yang sopan. Aspek Realitas (Waqi’iyah), terlihat dari tindakan sosial yang tidak diatur oleh pemilik usaha bisnis ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Aziz Aziz
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:00
Last Modified: 10 Aug 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22447

Actions (login required)

View Item
View Item