Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fikih di SMA Negeri 1 Peunaron, Aceh Timur

Siti Hawa, 170201001 (2021) Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fikih di SMA Negeri 1 Peunaron, Aceh Timur. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efek Pandemi Covid-19 Terhadap  Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran  Fikih di SMA Negeri 1 Peunaron, Aceh  Timur] Text (Efek Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fikih di SMA Negeri 1 Peunaron, Aceh Timur)
Siti Hawa, 170201001, FTK, PAI, 085270040895.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pandemi covid-19 merupakan wabah penyakit virus yang penyebarannya sudah mencapai ke seluruh dunia. Begitupun dengan dunia pendidikan yang mengubah pembelajaran yang biasanya dengan tatap muka menjadi daring (online). Teknologi saat ini dianggap sebagai alat penggati guru dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses perubahan pembelajaran siswa SMA Negeri 1 Peunaron berupa daring selama pandemi covid-19. (2) Bagaimana praktik pembelajaran daring fiqh siswa SMA Negeri 1 Peunaron selama pandemi covid-19. (3) Bagaimana efek pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fiqh di SMA Negeri 1 Peunaron, Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pandemi covid-19 berefek terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran fiqh di SMA Negeri 1 Peunaron yaitu berupa penurunan prestasi belajar. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dengan guru dan dilihat dari mata pelajaran fiqh siswa. Adapun kendala-kendala yang dihadapi baik guru maupun siswa pada saat daring yaitu adanya masalah pada jaringan internet yang tidak terjangkau oleh sebagian siswa, kurang mendukungnya daya listrik yang sering terjadi pemadaman dan ada juga siswa yang masih belum mempunyai Handphone android sehingga tidak bisa mengikuti pelajaran selama daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Hawa
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:07
Last Modified: 10 Aug 2022 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22450

Actions (login required)

View Item
View Item