Strategi Pengelolaan Masjid Pada Masa Pandemi Di Kota Banda Aceh

Melani Nindya Aryati, 170802045 (2022) Strategi Pengelolaan Masjid Pada Masa Pandemi Di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Pengelolaan Masjid Pada Masa  Pandemi Di Kota Banda Aceh] Text (Strategi Pengelolaan Masjid Pada Masa Pandemi Di Kota Banda Aceh)
Melani Nindya Aryati, 170802045, FISIP, IAN, 0895600290442.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

¬Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisir dampak kerugian yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yaitu dengan menerbitkan regulasi dan untuk tingkat Provinsi Aceh, pemerintah Aceh telah menerbitkan Peraturan Gubernur Aceh No. 51 Tahun 2020 tentang Peningkatan Penanganan Coronavirus Disease 2019, Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Di Aceh, termasuk dalam hal ini turut diatur bagaimana penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah seperti masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan BKM Masjid Al-Muttaqin Gampong Peunayong untuk mengelola masjid pada masa pandemi dengan melihat strategi tersebut dari penerapan fungsi pengelolaan yang dikemukakan oleh G. R. Terry. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perencanaan adalah terkait pengaturan anggota BKM dalam melaksanakan dan mengontrol protokol kesehatan di masjid, perencanaan terkait shaf shalat, dan perencanaan untuk pelaksanaan kegiatan; kemudian strategi pengorganisasian, Imeum Gampong mengatur kepengurusan masjid dan pada masa pandemi tidak ada dibentuk bidang khusus untuk menangani protokol kesehatan akan tetapi seluruh anggota BKM beserta remaja masjid saling bekerjasama; strategi penggerakan, dilakukan secara verbal seperti pemberian arahan ketika pelaksanaan shalat Jumat dan non-verbal seperti pemasangan spanduk yang juga bertujuan untuk mengajak masyarakat sekitar disiplin protokol kesehatan; dan strategi pengawasan, terkait pelaksanaan protokol kesehatan pada jamaah, masjid beserta kegiatan-kegiatan didalamnya, dan juga pengawasan pada lingkungan masjid. Peneliti menyimpulkan bahwa pengelolaan Masjid Al-Muttaqin Gampong Peunayong dilakukan pada semua aspek pengelolaan mulai dari bidang idarah (kelembagaan), imarah (kegiatan), dan riayah (pemeliharaan) kemudian pada masa pandemi sendiri pengelolaan masjid harus diiringi dengan penerapan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Melani Nindya Aryati
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:11
Last Modified: 10 Aug 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22456

Actions (login required)

View Item
View Item