Analisis Perkembangan Produk Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram)

Tety Rosmely, 180603211 (2022) Analisis Perkembangan Produk Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang gadai emas] Text (membahas tentang gadai emas)
Tety Rosmely 180603211, FEBI, PS, 082341680878.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan adalah proses atau tahapan pertumbuhan kearah yang maju. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa perkembangan produk gadai emas syariah pada masa pandemi Covid- 19 di Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram, untuk menganalisa kendala yang di hadapi Bank Aceh Cabang Jeuram dalam penjualan produk gadai emas pada masa pandemi Covid-19 dan untuk menganalisa strategi yang digunakan dalam penjualan produk gadai emas pada masa pandemi oleh di Bank Aceh CabangJeuram. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pada penelitian ini data yang dikumpulkan umumnya berbentuk kata-kata, gambar, dan bukan berbentuk angka. Data di maksud meliputi transkip wawancara, catatan dilapangan, foto- foto, dan dokumen pribadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan penjualan produk pembiayaan gadai emas (rahn) pada masa pandemi covid-19 di Bank Aceh Cabang Jeuram berjalan secara normal, serta terus-menerus mengalami peningkatan, hal ini bisa dilihat dari bertambahnya jumlah nasabah setiap tahunnya. Kendala yang dihadapi Bank Aceh Cabang Jeuram dalam melakukan penjualan produk gadai emas yaitu adanya peraturan pemerintah untuk menjaga jarak selama pandemi, serta penerapan PPKM mulai dari level 1, 2 dan 3, solusinya pihak bank memanfaatkan media elektronik yaitu media online untuk mempromosikan produk gadai emas. Adapun strategi yang digunakan oleh Bank Aceh Cabang Jeuram dalam mengembangkan produk gadai emas adalah mendirikan spanduk atau baliho serta melakukan promosi dengan menggunakan media online seperti WhatsApp, Instagram, Twitter dan Facebook.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Tety Rosmely
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:01
Last Modified: 10 Aug 2022 04:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22464

Actions (login required)

View Item
View Item