Analisis Perilaku Konsumtif Pemuda Muslim terhadap Eksistensi Warung Kopi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Warkop Zakir Lampriet Banda Aceh)

Sarah Satira, 180602052 (2022) Analisis Perilaku Konsumtif Pemuda Muslim terhadap Eksistensi Warung Kopi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Warkop Zakir Lampriet Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemuda Muslim] Text (Pemuda Muslim)
Sarah Satira, 180602052, FEBI, ES, 082363168686.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Konsumsi merupakan kegiatan pemenuhan kebutuhan manusia dalam bentuk barang dan jasa. Manusia sebagai makhluk individu dan sosial mempunyai keinginan yang tidak terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumtif pemuda Muslim terhadap eksistensi warung kopi di Kota Banda Aceh dalam perspektif ekonomi Islam, faktor yang mendorong pemuda berperilaku konsumtif di warung kopi, serta dampak dari keberadaan warung kopi di Kota Banda Aceh terhadap perilaku konsumtif pemuda Muslim Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif pemuda Muslim di warung kopi Kota Banda Aceh tidak sesuai dengan perilaku konsumsi dalam ekonomi Islam yang merujuk pada tiga indikator konsumsi yang telah digariskan dalam Islam tidak boros, penyeimbangan antara pengeluaran dan pemasukan, serta tidak bermewah-mewahan. Konsumsi yang dilakukan pemuda Muslim masuk dalam kategori perilaku konsumtif. Jika dilihat dari tiga konsep maslahah, bahwa menghabiskan waktu dan uang di warung kopi hanya sebagai penyempurna (kebutuhan tahsiniyyah). Faktor yang mendorong pemuda Muslim sering mengunjungi warung kopi sehingga menimbulkan perilaku konsumtif dan boros yaitu; faktor ikut-ikutan teman, faktor gaya hidup, serta faktor kenyamanan dan kesenangan. Keberadaan warung kopi di Kota Banda Aceh memberikan dampak positif maupun negatif terhadap perilaku konsumtif pemuda Muslim. Dampak positif adalah ketika perilaku konsumtif dapat memberikan keuntungan yang besar bagi produsen pebisnis warung kopi, sedangkan dampak negatif dapat menimbulkan sifat konsumtif, konsumerisme, dan boros pada pemuda Muslim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Sarah Satira
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:37
Last Modified: 11 Aug 2022 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item
View Item