Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan SD Negeri 3 Teupah Barat Simeulue

Nelli Gustiana, 160201134 (2022) Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan SD Negeri 3 Teupah Barat Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan SD Negeri 3 Teupah Barat Simeulue] Text (Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan SD Negeri 3 Teupah Barat Simeulue)
Nelli Gustiana, 160201134, FTK, PAI, 082365336435.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Setiap muslim seharusnya mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar demi menjaga identitasnya sebagai seorang muslim yang telah dianugeragi kitab suci al-Qur’an untuk menjadi pedoman hidupnya. Namun, selama observasi awal, peneliti menemukan bahwa ada sebagian siswa kelas IV SDN 3 Teupah Barat Simeulue yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar berdasarkan keluhan dari guru PAI SDN 3 Teupah Barat Simeulue. Menanggapi hal tersebut guru PAI melakukan upaya untuk mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada siswa kelas IV SDN 3 Teupah Barat Simeulue yang diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut. Maka dari itu, peneliti tertarik ingin mengetahui bagaimana pembelajaran PAI di SDN 3 Teupah Barat Simeulue? Apa upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada siswa kelas IV SDN 3 Teupah Barat Simeulue? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan study dokumentasi. Dari hasil penelitian, mengungkapkan bahwa pembelajaran PAI di SDN 3 Teupah Barat Simeulue sama juga halnyadengan sekolah lain yaitu untuk meningkatkan pemahaman tentang ajaran Islam, keterampilan mempraktekkannya, dan meningkatkan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an pada siswa kelas IV SDN 3 Teupah Barat Simeulue yaitu dengan mengenali kesulitan yang dialami oleh siswa baik kesulitan internal maupun kesulitan eksternal. Kesulitan internal salah satunya yaitu kurangnya minat belajar siswa, adapun kesulitan ekternal yaitu masih kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran sehingga upaya yang dilakukan guru masih belum maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nelli Gustiana
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:52
Last Modified: 11 Aug 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item
View Item