Peran Home Industry Pala Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19 Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan)

Ami Zaka Mutiadi, 190602316 (2022) Peran Home Industry Pala Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19 Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Home Industry Pala] Text (Home Industry Pala)
Ami Zaka Mutiadi, 190602316, FEBI, ES, 081362654464.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Akibat penyebaran Covid-19 sekarang ini berpengaruh pada beberapa sektor, baik kesehatan, pendidikan dan juga terhadap ekonomi terutama bagi usaha Home Industry Pala yang memiliki dampak yang sangat buruk baik dari segi produksi, bahan baku, penjualan serta pendapatan dan juga terhadap pemenuhan rumah tangga pengusaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Peran Home Industry Pala Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid-19 Ditinjau Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan). Jenis penelitian ini yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa peran Home Industry pala dalam meningkatkan pendapatan masayarakat dimasa pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif terhadap pendapatan. Home industry pala hanya menghasilkan produk berupa minyak palanya saja dan hingga sekarang belum ada pengembangan untuk menghasilkan yang lain dan tempat usaha yang didirikan merupakan tempat strategis dan telah ada perizinan dari pemerintah daerah serta produksi dan proses produksi yang dilakukan sampai saat ini masih melakukan sistem manual yang cara tersebut dilakukan melalui tahap pembakaran dan melalui penguapan sampai menghasilkan suatu produk. Kemudian tinjauan ekonomi Islam terhadap peran home industry pala dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dilihat dari produk, tempat dan produksi dan proses produksinya sudah sejalan dengan aturan Islam serta jauh dari unsur riba dan gharar. Dan peran usaha ini dari segi ekonomi Islam juga memberikan kesejahteraan (falah) baik bagi pengusaha maupun daerah setempatnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Ami Zaka Mutiadi Ami
Date Deposited: 11 Aug 2022 02:58
Last Modified: 11 Aug 2022 02:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22483

Actions (login required)

View Item
View Item