Kendala Guru dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 6 Banda Aceh

Cut Wardaturrahmah, 170209091 (2022) Kendala Guru dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 6 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Kendala Guru dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 6 Banda Aceh] Text (Kendala Guru dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 6 Banda Aceh)
Cut Wardaturrahmah, 170209091, FTK, PGMI, 082271197202.pdf - Published Version

Download (9MB)

Abstract

Adanya covid-19 membuat pembelajaran tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring, hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran covid-19. Namun efeknya ke pendidikan menyebabkan pembelajaran matematika yang dilaksanakan oleh guru secara daring menjadi kurang efektif dibandingkan pembelajaran matematika secara luring. Karnanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika secara daring pada masa pandemi covid-19 di MIN 6 Banda Aceh, serta solusi dari kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskritif. Subjek penelitian yaitu guru matematika kelas IV-1, IV-5, V-1, V-5, VI-5, dan VI-2. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil angket Sebahagian besar (83%) guru sering memiliki kendala saat menyampaikan konsep matematika kepada siswa dalam pembelajaran daring, lebih dari setengah (67%) guru memiliki kendala dalam menggunakan metode tanya jawab dalam pembelajaran daring, lebih dari setengah (67%) guru terkendala dengan iklan dan notifikasi di handphone/laptop menganggu pembelajaran daring, lebih dari setengah (67%) guru terkendala dengan siswa tidak antusias dalam mengikuti Pembelajaran daring, Sebahagian besar guru dengan siswa tidak fokus dalam pembelajaran daring (67%), lebih dari setengah (67%) guru terkendala saat siswa terkendala karena tidak mempunyai HP/gadget saat pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Wardaturrahmah
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:03
Last Modified: 11 Aug 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

View Item
View Item