Motivasi Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Asing (Studi Komparasi Antara Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab dengan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry)

Maulida, 170202096 (2022) Motivasi Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Asing (Studi Komparasi Antara Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab dengan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Motivasi Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Asing (Studi Komparasi Antara Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab dengan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry)] Text (Motivasi Mahasiswa Dalam Berbicara Bahasa Asing (Studi Komparasi Antara Mahasiswa Jurusan Bahasa Arab dengan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry))
Maulida, 170202096, FTK, PBA, 082274782394.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Motivasi adalah serangkain power dan energi yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai garis finish. Kadar Keberhasilan seseorang dalam melakukan sesuatu diukur dari frekuensi motivasi baik internal maupun eksternal. Kajian ini mengupas tentang motivasi mahasiswa jurusan bahasa Arab dan bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah Uin Ar-Raniry dalam berbicara bahasa asing. Mahasiswa yang mengenyam pendidikan pada kedua jurusan ini diajarkan untuk menguasai skill bahasa terutama skill dalam berbicara. Namun, skill bicara yang ditonjolkan oleh mahasiswa jurusan bahasa Arab dan bahasa Inggris tidaklah sama. Karena itu penulisan kajian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa bahasa Arab dan bahasa Inggris dalam berbicara bahasa asing serta menelusuri perbedaan motivasi di antara keduanya. Untuk mengukur tingkatdan perbedaan motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa jurusan bahasa Arab dan Inggris, maka penulisan kajian ini menggunakan jenis penelitian komparasi survey kuantitatif dengan instrumen angket. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 200 mahasiswa terdiri dari 100 mahaiswa jurusan bahasa Arab dan 100 dari mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif (frekuensi, mean, standar deviasi, dan persentase) dan statistik inferensial (uji Mann Whitney-U). Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti bahwa motivasi mahasiswa jurusan bahasa Inggris lebih tinggi dibandingkan mahasiswa jurusan bahasa Arab dalam berbicara bahasa asing. terdapat perbedaan motivasi yang signifikan antara mahasiswa jurusan bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam berbicara bahasa asing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maulida Maulida
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:06
Last Modified: 11 Aug 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22487

Actions (login required)

View Item
View Item