Pelaksanaan Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Operasional Transportasi Publik Bus Trans Koetaradja

Ricky Gunawan, 170802122 (2022) Pelaksanaan Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Operasional Transportasi Publik Bus Trans Koetaradja. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Trans Koetaradja] Text (Trans Koetaradja)
Ricky Gunawan, 170802122, FISIP, IAN, 085362529298.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penyebaran Corona Virus Disease 2019 yang terjadi di Indonesia sangatlah cepat dalam penyebarannya. Untuk memutus rantai persebaran Covid-19, pemerintah harus menerbitkan PSBB (Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar) peraturan ini diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 agar bisa segera dilaksanakan diberbagai daerah. Ruang publik merupakan area dimana sebuah komunitas dapat berkumpul, begitu pula pada transportasi angkutan massal. Untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 pada transportasi massal seperti Trans Koetaradja, maka pemerintah mengeluarkan aturan dan memperketat protokol kesehatan melalui pengindahan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dan apa hambatan dalam penerapan pelaksanaan protokol kesehatan pada operasional transportasi publik Trans Koetaradja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pelaksanaan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 pada operasional transportasi Bus Trans Koetaradja. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif yang akan memberikan gambaran tentang bagaimana proses pelaksanaan protokol kesehatan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 pada operasional transportasi publik Bus Trans Koetaradja. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, pelaksanaan protokol kesehatan di masa pandemi pada operasional Bus Trans Koetaradja telah mengikuti aturan yang berlaku yang ditetapkan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan sebagaimana mestinya dan untuk hambatan tentunya ditemukan beberapa kendala, namun dengan sigap pihak operasional Bus Trans Koetaradja memberikan informasi dan juga nasihat agar dapat menyesuaikan dengan kondisi yang sedang dihadapi bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 350 Public Administration and Military Science (Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Ricky Gunawan
Date Deposited: 12 Aug 2022 02:14
Last Modified: 12 Aug 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22490

Actions (login required)

View Item
View Item