Pemahaman Masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah Terhadap Surah Ali Imran Ayat 135

Susi Maulida, 180303009 (2022) Pemahaman Masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah Terhadap Surah Ali Imran Ayat 135. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah terhadap Surah Ali Imran Ayat 135] Text (Pemahaman Masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah terhadap Surah Ali Imran Ayat 135)
Skripsi Perbaikan Susi repository 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Taubat merupakan suatu kewajiban dalam Islam sebagai bukti ketaatan kepada Allah Swt. Taubat dimulai dengan niat ikhlas karena Allah untuk meninggalkan maksiat beserta penyesalan atas dosa yang diperbuat, serta niat untuk tidak mengulanginya, dan dengan keinginan untuk mendapatkan ampunan dan ridha dari Allah Swt. Taubat sepenuhnya menjadi urusan hamba dengan Allah sebagai khalik. Dan dalam ketentuan Islam tidak ada ritual khusus dalam pelaksanaannya. Namun masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan taubat dengan ritual mandi taubat dipimpin seorang tengku. Praktek taubat yang dilakukan juga mengabaikan makna inti dari taubat sebagai ketaatan kepada Allah, di mana banyak di antara mereka yang mengikuti ritual mandi taubat tetapi meninggalkan ibadah salat wajib. Penelitian ini mengkaji pemahaman masyarakat Gampong Kabupaten Aceh Tengah terhadap surah Ali Imran ayat 135 tentang taubat. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi terhadap delapan informan terpilih dari masyarakat Gampong Bah. Kemudian data tersebut diolah secara deskriptif melalui tahap reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman masyarakat Gampong Bah terhadap surah Ali Imran ayat 135 tentang taubat dapat dikategorikan pada tiga tingkatan pemahaman tingkat rendah, pemahaman tingkat sedang, dan pemahaman tingkat tinggi. Kemudian prosesi pelaksanaan ritual mandi taubat pada masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah terdiri dari tiga tahapan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Adapun dampak yang didapat masyarakat Gampong Bah Kabupaten Aceh Tengah dari mengikuti ritual mandi taubat, meningkatkan aktivitas keagamaan, memperbaiki etika sosial, dan meningkatkan keimanan dan kedekatan kepada Allah Swt.

Kata Kunci: Pemahaman, Surah Ali Imran Ayat 135, Taubat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Susi Maulida
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:09
Last Modified: 11 Aug 2022 04:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22491

Actions (login required)

View Item
View Item