Pengaruh Media PHET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori KInetik Gas kals XI di SMAN 1 Unggul Darul Imarah

Mauliza, 251324456 (2018) Pengaruh Media PHET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teori KInetik Gas kals XI di SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas media phet Simulation]
Preview
Text (Membahas media phet Simulation)
Mauliza.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan nilai ulangan dan ujian siswa pada mata pelajaran Fisika menunjukkan angka kurang memuaskan yaitu dengan nilai rata-rata 45, 20 dari 23 siswa mendapatkan nilai dibawah angka 60, sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di sekolah tersebut adalah 80. Hal ini disebabkan guru jarang melibatkan peserta didik secara langsung dalam kegiatan eksperimen. Sehingga menyebabkan nilai hasil belajar siswa tidak mencapai target yang telah di tetapkan di dalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka perlu adanya media pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Peneliti ingin menggangkat judul skripsi ini yaitu Pengaruh Media PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas di Kelas XI SMAN 1 Unggul Darul Imarah. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui adanya pengaruh media PhET simulations terhadap hasil belajar pada materi Teori Kinetik Gas di kelas XI SMAN 1 Unggul Darul Imarah dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap media PhET Simulations. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (XI.IPA.2) dan kelas kontrol (XI.IPA.3). Data dikumpulkan melalui soal tes dan angket siswa. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dan data dari angket siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa setelah digunakan media PhET simulations didapat thitung 16,759 > ttabel 1,645. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah digunakan media PhET simulations dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Respon siswa terhadap media PhET simulations dapat membuat siswa lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pemimbing: Khairiah Syahabuddin, M.HSc.ESL.,M.TESOL., Ph.D Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Phet Simulations, Teori Kinetik Gas, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mauliza Slamet
Date Deposited: 17 Jan 2018 10:03
Last Modified: 17 Jan 2018 10:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item
View Item